Pendidikan

Pelaksanaan Visitasi Re Akreditasi 2021 Madrasah Aliyah Yasmu

Pelaksanaan Re Akreditasi MA Yasmu dilaksanakan secara daring pada tanggal 10 - 11 September 2021

MAYasmu.-Β Pelaksanaan kegiatan visitasi re akreditasi di Madrasah Aliyah Yasmu telah dilaksanakan pada tanggal 10 – 11 September 2021 secara virtual (zoom). Pada pelaksanaan visitasi re akreditasi ini Madrasah Aliyah Yasmu dinilai oleh 2 orang Asesor.

Pada Akreditasi Tahun 2021 ini terdapat perbedaan dengan akreditasi tahun tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini BAN S/M menggunakan IASP2020. Dalam penilaian IASP2020 penilaian digali dari dokumen, observasi dan wawancara. Penggalian data tersebut diambil dari elemen warga madrasah ditambah tokoh masyarakat Terdapat 4 komponen mutu yang dinilai oleh Asesor, yaitu:

  1. Mutu Kelulusan
  2. Proses Pembelajaran
  3. Mutu Guru
  4. Manajemen Madrasah

Pada akreditasi ini Madrasah Aliyah Yasmu dinilai oleh 2 Asesor yaitu Ibu Siti Mislikhah dari Jember dan Ibu Atik Darmawanti dari Magetan. Sebelumnya Kepala Madrasah Aliyah Yasmu Mohammad Alfian Yazdad, S.H.I membentuk tim akreditasi agar pelaksanaan Re Akreditasi dapat berjalan dengan baik dan lancar serta hasil yang diraih dapat sesuai dengan harapan yaitu predikat A.

Jum’at, 10 September 2021 Pelaksanaan Re-Akreditasi 2021 dilaksanakan dimulai dengan temu awal kemudian penggalian informasi dari ibu-ibu asesorΒ  kepada para narasumber yang sesuai dengan butir-butir yang ada di IASP2020. Ibu Asesor memulai menggali informasi tentang 4 komponen melalui Bapak Kepala Madrasah, dewan guru, komite, orang tua siswa, alumni, tomas.

Penggalian data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan angket. Pada hari pertama Wawancara dilakukan bersama Kepala Madrasah dilanjutkan dengan mewawancarai dewan guru. Banyak hal yang ditanyakan kepada kepala Madrasah, mulai dari visi misi madrasah sampai penghargaan dan pelanggaran yang dilakukan oleh guru. Sedangkan informasi yang perlu digali dari dewan guru ada seputar proses pembelajaran, penilaian, remidi, pengayaan, dan lain sebagainya.

wawancara guru
kegiatan wawancara dengan dewan guru

Pada hari kedua proses re-akreditasi di Madrasah Aliyah Yasmu adalah memvisitasi kegiatan peer teaching di kelas XII IPA dan XII IPS. Peer teaching di kelas XII IPA pada saat itu adalah mapel Fisika dengan materi pembelajaran aliran listrik, sedangkan di kelas XII IPS sedang berlangsung proses pembelajaran dengan mata pelajaran Sosiologi bertema globalisasi. Kegiatan peer teaching tersebut dilakukan secara virtual yang disaksikan langsung oleh asesor sebagai gambaran pembelajaran sehari-hari di Madrasah Aliyah Yasmu.

Selanjutnya proses re-akreditasi dilaksanakan di ruang guru dengan mewawancarai peserta didik tentang proses pembelajaran yang diterapkan di Madrasah Aliyah Yasmu. Mulai dari pembukaan kegiatan pembelajaran, kegiatan inti, kegiatan penutup, sampai pada penilaian dan feedback yang diberikan oleh Bapak/Ibu guru Madrasah Aliyah Yasmu. Dengan semangat dan mantap mereka serentak menjawab bahwa menimba ilmu di Madrasah Aliyah Yasmu sangat sesui dengan visi misi yang dicanangkan oleh Madrasah.

Pada sesi penutupan kegiatan re-akreditasi ini para asesor memberikan evaluasi kepada Kepala Madrasah dan Guru terkait dengan program madrasah yang perlu ditingkatkan lagi, kemudian tentang modul pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik agar dapat dibukukan (ber-ISBN) sebagai referensi pembelajaran di Madrasah. Tidak hanya untuk kalangan sendiri, tetapi juga bisa untuk kalangan orang banyak.

evaluasi guru
Kegaitan evaluasi yang disampaikan oleh ibu asesor

Akhirnya, serangkaian kegiatan re-akreditasi berjalan dengan baik dan lancar dan semoga kedepannya Madrasah Aliyah Yasmu semakin berkembang dan menjadi lebih baik lagi sehingga dijadikan sebagai Madrasah pilihan oleh warga sekitar maupun dari berbagai wilayah. Aamiin.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button