Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa MA Yasmu 2022 – 2023

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa MA Yasmu 2022 – 2023

Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan kepemimpinan dimana seorang siswa atau peserta akan belajar dan memahami dalam menjadi seorang pemimpin disebuah organisasi serta sebuah bentuk kegiatan peningkatan sumber daya pengetahuan siswa atau peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah kepemimpinan dan organisasi serta melatih kedisiplinan, kekompakan dan kemandirian.

Program LDKS ini adalah program tahunan yang wajib diikuti oleh anggota-anggota osis. Tidak bisa dipungkiri masih banyak siswa yang selalu bergantung pada orang tuanya mulai dari hal terkecil hingga hal-hal yang sebetulnya bisa dipersiapkan sendiri. Lama-kelamaan ketergantungan ini akan menjadi penyakit yang sulit untuk dihilangkan. Disetiap sekolah baik jenjang MTS, SMP, MA, SMA, SMK pasti ada kegiatan LDKS. Salah satunya Madrasah Aliyah Yasmu Manyar Gresik, yang mengadakan kegiatan LDKS. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 2 November 2022 yang bertempat di gedung madrasah Aliyah Yasmu tepatnya di kelas XII IPA dan aula.

Jumlah siswa atau peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 28 siswa. Dalam kegiatan ini diisi dengan berbagai materi yang disampaikan oleh bapak dan ibu  guru Madrasah Aliyah Yasmu. Materi pertama dijelaskan oleh bapak kepala Madrasah Aliyah Yasmu yaitu bapak Alfian Yazdad, S.H.I yang menjelaskan tentang “kepemimpinan dan seorang pemimpin dalam berorganisasi”. Materi kedua yang dijelaskan oleh ibu hj. Chilyatut taqiyah S.pd.I yang menjelaskan tentang “etika dan moral”. Materi ini sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam berorganisasi karena etika dan moral berkaitan dengan perilaku manusia yang menyangkut berbagai prinsip yang menjadi landasan bagi perwujudan nilai-nilai dalam berbagai hubungan yang terjadi antar manusia dan lingkungan hidup dan agar bisa mengikuti kehidupan sosial yang tertib.

Materi ketiga yang dijelaskan oleh ibu evi zafifatun Nisa’ tentang “mencari problem solving dalam musyawarah”. Materi tersebut disampaikan karena bertujuan untuk melatih kemampuan para siswa-siswi dalam menghadapi masalah, melatih dalam menemukan langkah-langkah terbaik untuk mendapatkan solusi dari sebuah masalah, melatih tentang cara bertindak dan berbuat dalam situasi baru, melatih untuk berani mengambil keputusan. Dilanjutkan dengan materi keempat tentang ” penyusunan program kerja “yang disampaikan oleh ibu Durrotul Mahsunah, S. pd. penyusunan program kerja ini  akan dilaksanakan untuk kegiatan OSIS satu tahun kedepannya, setiap divisi tentu mempunyai program kerja yang berbeda-beda sesuai dengan divisinya masing-masing, harapannya program kerja yang telah disusun dapat berjalan dengan baik. Kemudian materi yang terakhir untuk hari pertama, di sampaikan oleh ibu Siti Zainab,materi tentang “penyusunan proposal”,proposal merupakan sebuah rencana dan rancangan kerja terkait kegiatan yang akan dilakukan. Tentunya setiap anggota OSIS harus bisa menyusun proposal dengan baik dan benar, karena setiap kegiatan OSIS pasti membutuhkan proposal yang harus disusun pengurus OSIS dan harus disetujui pembina serta di sahkan kepala madrasah. Setelah materi penyusunan proposal selesai peserta LDKS pulang ke rumah masing masing untuk beristirahat dan melanjutkan LDKS di hari berikutnya.

Hari kedua dibuka dengan senam pagi bersama yang dipimpin oleh kakak- kakak OSIS masa bakti 2021-2022, kemudian dilanjutkan dengan materi penyusunan konsep program kerja yang akan dilaksanakan pada bulan November dan materi penerapan problem solving.

Tiba di acara paling inti dan paling sakral yaitu  upacara pelantikan dan serah terima jabatan pengurus OSIS masa bakti 2021-2022 kepada pengurus OSIS masa bakti 2022-2023. Upacara pelantikan berlangsung penuh hikmat, dan yang melantik pengurus OSIS adalah kepala madrasah disaksikan oleh Waka kesiswaan serta anggota OSIS. Kepala Sekolah berpesan agar pengurus OSIS masa bakti 2022 -2023  sungguh dapat menerapkan janji yang telah diucapkan, yakni menjadi pelopor dalam menegakkan tata tertib madrasah, menjunjung tinggi nama baik almamater Madrasah Aliyah Yasmu dengan prestasi dan akhlak mulia, melaksanakan program kerja OSIS dengan disiplin dan penuh tanggung jawab serta menjadi teladan bagi para siswa-siswi Madrasah Aliyah Yasmu dalam perkataan dan perbuatan, dan semoga materi yang sudah di berikan oleh bapak ibu guru pada saat LDKS bisa bermanfaat bagi kalian semuanya untuk masa depan serta  mampu menyerap makna pelatihan dengan baik dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.

Pemimpin yang baik bukan dilihat dari seberapa banyak orang yang menjadi pengikutnya, bukan juga dilihat dari seberapa lama ia memimpin. Pemimpin yang baik dilihat dari seberapa banyak ia mampu menciptakan sosok pemimpin yang baru. Pemimpin yang baik adalah orang yang belajar dari kesalahan, dan tidak pernah berhenti untuk mempelajari hal baru yang ada di sekitarnya. Potensi tersebut ada di dalam masing-masing individu, tergantung bagaimana individu dapat menggali potensi tersebut sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari sifat, sikap, hingga menjadi inspirasi bagi orang lain. Niatkan dalam hati untuk mengubah diri menjadi lebih baik untuk dapat melaksanakan program OSIS dengan sebaik mungkin, semoga pengurus OSIS yang telah dilantik dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Kegiatan pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh para dewan guru dan seluruh siswa- siswi. Semangat berjuang, semoga kepengurusan ini menjadi lebih baik dan menyempurnakan yang sudah baik.

Selamat bertugas dan berjuang kepada Pengurus OSIS periode 2022-2023 !

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Madrasah

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa...
Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) merupakan segala sesua...
Peringatan Bulan Bahasa Di MA Ya...
Setiap bulan selalu ada peringatan yang dirayakan, baik secara...
Absensi Digital Inovasi Baru MA ...
Absensi Digital inovasi baru MA Yasmu pada tahun pelajaran 202...
Masa Ta'aruf Siswa 2022-2023
MA YASMU.- Setiap tahun ajaran baru, proses pembelajaran di li...
HABIS INI BERPISAH
Seorang laki-laki tinggi membuka pintu kamar itu, dindingnya b...
ANTARA CINTA DAN BENCI
Kini diriku semakin beranjak dewasa , dulu cintaku masih labil...

Agenda Madrasah

Rabu, 26 Oktober 2022
Lomba Memperingati Sumpah Pemud...
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

Pengumuman Madrasah

Jadwal Pondok Ramadhan
Jadwal Luring Kelas IV
Stop Bullying

E-Content Madrasah Aliyah Yasmu

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

E-Content Madrasah Aliyah Yasmu

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman