foto siswa

Absensi Digital Inovasi Baru MA Yasmu

Absensi Digital inovasi baru MA Yasmu pada tahun pelajaran 2022-2023 yang terintegrasi dengan aplikasi Whatsapp. Sebagai Madrasah yang berkonsep Hybrid Learning dalam rangka menuju Madrasah Digital, aplikasi tersebut sangat membantu Madrasah dalam memberikan informasi kepada wali murid akan keberadaan putra-putri nya yang mengenyam pendidikan di MA Yasmu.

Absensi digital yang diterapkan oleh MA Yasmu menggunakan sistem barcode dan geo-location yang bisa mengunci jarak apabila peserta didik melewati batas, maka peserta didik tidak bisa melakukan absensi. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi whatsapp, dimana wali murid akan mendapatkan pesan otomatis dari aplikasi yang memberitahukan bahwa putra-putri nya sudah berada di Madrasah dengan aman.

tampilan absensi
tampilan dashboard aplikasi absensi

Dalam penggunaannya, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan tidak menyulitkan peserta didik. Cukup dengan login pada website https://absensi.aliyahyasmu.sch.id kemudian peserta didik bisa melakukan scan barcode yang sudah dicetak di kartu pelajar masing-masing. Dengan catatan fitur lokasi yang ada di dalam handphone sudah di aktifkan dan kamera sudah mendapatkan izin pada aplikasi web browser yang digunakan. Bagi Madrasah yang kesulitan dalam penggunaan handphone Madrasah juga menyediakan alat scanner barcode, dimana siswa cukup mengarahkan kartu pelajar nya ke alat tersebut, maka sistem akan membaca kehadirannya dan memberikan informasi langsung kepada nomer whatsapp wali murid yang sudah didaftarkan oleh peserta didik.

foto wa
salah satu isi pesan whatsapp kepada wali murid

Menurut Bapak Mohammad Alfian Yazdad, S.H.I, selaku Kepala Madrasah “pada era digital ini Madrasah harus berinovasi untuk menjaga Madrasah maju selaras dengan perkembangan zaman dan tentunya harus diiringi dengan akhlakul karimah, aplikasi ini sangat membantu Madrasah dalam menginformasikan keberadaan peserta didik dan juga bisa menginformasikan tentang kegiatan Madrasah melalui Whatsapp sehingga ada kolaborasi antara Orang tua dan Madrasasah dalam membina dan mendidik peserta didik”.

Baca Juga : Masa Ta’aruf Siswa Madrasah Tahun Pelajaran 2022-2023

Selaras dengan pendapat Kepala Madrasah, perwakilan dari wali murid pun sangat mengapresiasi aplikasi tersebut karena wali murid bisa mengetahui informasi tentang putra-putri nya dan informasi dari Madrasah.(adm)

 

Bagikan :

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Madrasah

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa...
Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) merupakan segala sesua...
Peringatan Bulan Bahasa Di MA Ya...
Setiap bulan selalu ada peringatan yang dirayakan, baik secara...
Absensi Digital Inovasi Baru MA ...
Absensi Digital inovasi baru MA Yasmu pada tahun pelajaran 202...
Masa Ta'aruf Siswa 2022-2023
MA YASMU.- Setiap tahun ajaran baru, proses pembelajaran di li...
HABIS INI BERPISAH
Seorang laki-laki tinggi membuka pintu kamar itu, dindingnya b...
ANTARA CINTA DAN BENCI
Kini diriku semakin beranjak dewasa , dulu cintaku masih labil...

Agenda Madrasah

Rabu, 26 Oktober 2022
Lomba Memperingati Sumpah Pemud...
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

Pengumuman Madrasah

Jadwal Pondok Ramadhan
Jadwal Luring Kelas IV
Stop Bullying

E-Content Madrasah Aliyah Yasmu

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

E-Content Madrasah Aliyah Yasmu

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman