ArticlesKaryaOSISPendidikanSekitar Kita

Pemilihan Ketua Osis MA Yasmu 2021-2022 E-Voting

Rapat pleno terbuka pemilihan ketua osis MA Yasmu masa bakti 2021-2021 dilakukan dengan cara E-Voting untuk memudahkan pemilihan dan juga untuk Mempercepat perhitungan.

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau biasa disebut OSIS merupakan salah wadah berkegiatan peserta didik serupa lembaga eksekutif dalam sebuah negara. Pemilihan ketua OSIS selalu semarak, selayaknya pemilihan presiden atau kepala daerah. Sebuah pesta demokrasi yang selalu dinanti.

Bapak ibu dewan guru memilih ketua osis lewat E-Voting.

Pada hari Selasa, 09 November 2021 Madrasah aliyah yasmu manyar telah mengadakan PILKETOS ( Pemilihan Ketua OSIS ) masa bakti 2021 – 2022. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemilihan ketua OSIS ini juga menggunakan sistem  digital yaitu e-voting. Adanya e-voting juga mempermudah perhitungan, Mempercepat pemilihan serta mempermudah pelaksanaan pemilihan yg sedang dalam masa pandemi ini, mencegah kecurangan, serta mengurangi biaya.

Bapak pembina osis MA Yasmu membuka acara pilketos E-Voting.

Pelaksanaan Pilketos di buka langsung oleh bapak pembina osis madrasah aliyah yasmu yaitu bapak basuki Rachmat S.Pd.Beliau berharap pemilihan ketua osis ini bisa membuat Penyegaran dan pembaruan untuk masa depan osis yang lebih cemerlang kedepannya”. Pemilihan ketua osis di mulai pukul 08.00 – 13. 00 Wib di Aula MA Yasmu.

Persiapan panitia sebelum pemilihan ketua osis ma yasmu.

Pelaksaan ini juga diawali dengan pemberian username dan password kepada setiap siswa yang nantinya digunakan untuk log in dalam link Pemilihan Ketua OSIS. Pemilihan dilakukan dalam bilik. Setiap bilik dilengkapi laptop yang sudah siap dengan tampilan E-voting Pilketos dan Siswa/i tinggal melakukan log in dengan Username dan Password yang sudah diberikan, kemudian tinggal mengklik pada gambar calon Ketua OSIS. Setelah melakukan pilihan/voting maka otomatis software akan menuju ke halaman log in kembali dan siap untuk pemilih berikutnya.

Hasil akhir perolehan suara pemilihan ketua osis ma yasmu manyar.

Kegiatan pemilihan Ketua OSIS ini dilakukan secara bergelombang. Gelombang pertama giliran ibu bapak dewan guru, kemudian dilanjut dengan gelombang ke giliran kelas jurusan IPS, kumudian dilanjut dengan gelombang ke tiga giliran kelas jurusan IPA, Pemilihan Setiap kelas bergiliran melakukan pemilihan untuk menggunakan hak suaranya, Kita lakukan bergilir karena untuk menghindari kerumunan dan juga untuk mencegah penyebaran virus corona yang saat ini masih belum berakhir. Pilketos Ini juga merupakan bagian dari pembelajaran berdemokrasi. Acara berjalan dengan lancar meskipun ada sedikit kendala teknis tetapi itu sudah di atasi oleh panitia dan hasil akhir yang terpilih yaitu kandidat nomer urut 4 yaitu Ananda Lailatul Qomariyah yang telah meraih suara sebanyak 59 Suara, kemudian di susul dengan kandidat nomer urut 2 dengan perolehan suara sebanyak 30 suara, kemudian disusul dengan kandidat nomer urut 2 dengan perolehan suara sebanyak 18 suara, kemudian disusul dengan kandidat nomer urut 3 dengan perolehan suara sebanyak 17 suara. Acara ini sanggat memberikan pembelajaran kepada peserta didik madrasah aliyah tentang pesta demokrasi, semua siswa/i tampak ikut berpartisipasi dan ikut memeriahkan pilketos ini.

Pelaksanaan tetap mematuhi protokol kesehatan. Semua panitia dan pemilih berjaga jarak & memakai masker.

Acara ini tetap melaksanakan protokol kesehatan semua pemilih duduk menunggu berganti an dengan jaga jarak dan memakai masker,  Meskipun kita ingin memeriahkan kegiatan pemilihan ini tapi kita tetap tidak boleh lupa akan protokol kesehatan agar pandemi ini cepat berakhir sehingga acara pilketos selanjutnya bisa lebih meriah di bandingkan tahun ini.

Kepada Ketua OSIS yang sudah terpilih kami ucapkan Selamat Menempuh Tugas Baru, Sedangkan calon yang belum terpilih, harus tetap bersama-sama membantu ketua OSIS terpilih demi kesuksesan program kerja yang akan di lakukan. Dan semoga kandidat yang telah terpilih menjadi orang yang amanah dan berintegritas yang nantinya dapat memberikan terobosan-terobosan cemerlang untuk kebaikan madrasah aliyah yasmu dan kebaikan organisasi osis madrasah aliyah yasmu. Dan juga semoga pengurus osis masa bakti 2021 – 2022 ini bisa lebih sukses dalam menjalankan semua tugas tugasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button