Tutorial

Membuat Kuis Format Aiken Di Moodle

Moodle merupakan aplikasi LMS yang bisa dibilang serba ada, karena segala fitur pembelajaran terdapat didalamnya. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang bagaimana membuat kuis di moodle dengan format blackboard.

Kali ini kita akan belajar bagaimana membuat kuis dengan format Aiken, yang mana format aiken ini lebih simpel difokuskan untuk soal khusus Bahasa Arab atau soal yang ada tulisan Arabnya. Akan tetapi format ini memiliki kekurangan yaitu tidak compatible dengan soal yang disisipi dengan gambar atau media yang lain.

Baik langsungs saja yang perlu kita siapkan pastinya adalah materi pelajaran yang akan kita buat menjadi kuis. Berikut tahapan tahapan yang bisa kita lakukan.

  1. Yang perlu kita lakukan adalah membuka program Notepad bisa kita lakukan dengan cara menulis di kolom pencarian atau membuka all programs.
  2. Setelah kita membuka progam tersebut kita bisa mulai menulis soal dengan format seperti dibawah ini:

3. Setelah selesai menulis soal jangan lupa simpan file dengan nama questions-nama file kata questions harus ada pada nama file karena aplikasi akan bekerja untuk nama tersebut.

baca : Membuat kuis di moodle format blackboard

Tahapan penulisan soal sudah selesai, selanjutnya kita melangkah ke tahap selanjutnya yaitu bagaimana import soal ke moodle.

  1. Buka aplikasi moodle yang telah kita gunakan sebelumnya, kemudian kita login dan membuat aktivititas baru berupa kuis.
  2. Setelah proses pembuatan kuis selesai lakukan import soal
  3. Lalu pilih format aiken, kemudian upload soal yang telah kita buat tadi.
  4. setelah proses import selesai kemudian klik continue
  5. setelah itu silahkan memasukkan soal yang telah kita import tadi dengan klik edit quiz, dan kita pilih soal mana saja yang akan kita masukkan sebagai bahan kuis bagi peserta didik.
  6. centang shuffle untuk mengacak soal, kemudian pilih from questions bank
  7. setelah selesai memilih silahkan klik save.
  8. kuis sudah siap untuk dikerjakan.

kami lampirkan contoh soal format aiken, silahkan klik tautan berikut:

Contoh Format aiken

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat…

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button