ArticlesOSISSekitar Kita

Memaknai Peringatan Hari Gizi Nasional MA Yasmu

    Kecukupan gizi masih menjadi salah satu permasalahan utama dalam tatanan kependudukan dunia. Mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi sangat berpengaruh terhadap status gizi kesehatan seseorang yang merupakan modal utama bagi kesehatan individu. Asupan gizi yang salah atau tidak sesuai dengan kebutuhan akan menimbulkan masalah kesehatan istilah malnutrisi atau gizi salah. Malnutrisi dapat diartikan sebagai keadaan asupan gizi yang salah, dalam bentuk asupan berlebihan atau pun kekurangan, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan antara kebutuhan dan asupan.

   

      Hari Gizi Nasional Indonesia selalu diperingati setiap tanggal 25 Januari. Untuk membentuk kesadaran akan pentingnya pengetahuan mengenai gizi, Madrasah aliyah yasmu manyar mengadakan kegiatan lomba untuk memperingati hari gizi nasional yang ke-62 yakni setiap siswa/i membawa bekal makanan 4 sehat 5 sempurna dan menarik. Kegiatan ini membuat para siswa/i antusias dalam mengikuti nya. Kegiatan ini di adakan pada hari selasa tanggal 25 Januari 2022.

Suasana jalan sehat memperingati hari gizi nasional.

Rangkaian kegiatan yang pertama untuk memperingati hari gizi nasional yaitu dengan jalan sehat, Semua siswa/i sangat antusias mengikuti jalan sehat tersebut, Tampak juga semua siswa/i madrasah aliyah yasmu manyar mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker.

Para juri menilai bekal makanan 4 sehat 5 sempurna yang siswa/i bawa dari rumah.

        Setelah jalan sehat rangkaian acara selanjutnya yaitu penilaian lomba, setiap siswa/i madrasah aliyah yasmu duduk berbaris sesuai dengan kelas masing-masing kemudian membuka bekal makanan 4 sehat 5 sempurna yang para siswa/i bawa dari rumah, Kemudian para juri memulai penilaian tersebut.

Ke kreatif an siswa/i MA Yasmu manyar dalam memperingati hari gizi nasional.

Tampak bekal makanan siswa/i madrasah aliyah sangat menarik dan sangat kreatif dalam membuat bekal makanan 4 sehat 5 sempurna. Sehingga kepala madrasah aliyah yasmu sangat mengapresiasi ke kreatif an para murid-muridnya. Setelah penjurian selesai para siswa/i memakan bekal yang sudah di nilai oleh juri, para siswa/i juga tampak bahagia bisa makan bersama apalagi di hari yang sangat spesial yaitu hari gizi nasional. Setelah semua siswa/i selesai memakan bekalnya baru lah acara di lanjut dengan pembagian hadia untuk pemenang lomba.

Pembagian hadiah kepada pemenang lomba hari gizi nasional.

      Meskipun pemenang lomba hanya di ambil satu anak setiap kelas, tetapi siswa/i tidak merasa kecewa melainkan mereka tampak senang dan bahagia bisa merayakan hari gizi nasional. Suasana acara ini sangat meriah dan berjalan dengan lancar dan acara ini memberikan pengalaman kepada siswa/i madrasah aliyah yasmu akan pentingnya memakan makanan yang bergizi.
Setelah semua rangkaian acara selesai semua siswa/i kembali ke kelasnya masing-masing untuk mengikuti pembelajaran, Karena meskipun madrasah aliyah yasmu memperingati hari gizi nasional, Madrasah aliyah yasmu tetap melakukan pembelajaran kbm sesuai dengan jadwal mata pelajaran.

Makna dari peringatan hari gizi nasional yang diperingati setiap tahunnya adalah untuk mengingatkan seluruh siswa/i madrasah aliyah yasmu betapa pentingnya mencukupi kebutuhan gizi untuk menunjang pertumbuhan tubuh dan kesehatan para siswa/i madrasah aliyah yasmu manyar.
“Sehat membawa kebahagiaan, dan gizi yang baik membawa kesehatan. Maka, makanlah makanan yang bergizi agar Kamu tetap sehat.”

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button