Sekitar Kita

GRESIK, AYO MAJU DONG..!

Pada tahun 2020 nanti, Gresik akan melakukan pesta demokrasi untuk memilih bupati mereka. Apakah sosok calon bupati Gresik nanti sudah memenuhi kriteria ? Apa sih harapan warga Gresik khususnya generasi milenial untuk kepemimpinan bupati Gresik kedepannya? Melihat kondisi Gresik saat ini, masih banyak segudang masalah yang belum terselesaikan.

Katanya Gresik kota industri, tapi nyatanya banyak warga Gresik yang menjadi pengangguran,  UMRnya saja tertinggi ke 2 se Jawa timur, tapi rakyatnya banyak yang miskin., meski pabrik-pabrik besar berdiri di Gresik seperti PT Semen Gresik, PT Petrokimia Gresik, PT Maspion, dll tetapi belum  bisa menopang kemajuan kabupaten Gresik. Jalan raya maupun jalan desa di Gresik pun masih banyak yang rusak dan berlobang. Pro kontra renovasi Alun-alun Gresik yang menimbulkan petisi dari warganya karena dinilai anggaran tidak rasional, kontraktor bermasalah, dsb. Ditambah  masalah sepak bola yang suram, dulu Gresik punya Persegres/Gresik United yang bisa dibanggakan, tapi sekarang entah bagaimana nasibnya, gaji pemain menunggak tak kunjung dibayarkan. Kemanakah uang tersebut larinya?. Apalagi sekarang era 4.0 , jika Gresik tak siap atau tak mampu menghadapi hal itu maka Gresik bisa menjadi kabupaten yang tertinggal.

Dengan segudang masalah tersebut, warga Gresik yang kebanyakan generasi milenial ingin mencari sosok pemimpin daerah sejati yang memberi semangat motivator, inspirator, seseorang yang mampu memberikan pengaruh baik untuk setiap orang. Sosok pemimpin masa depan yang ideal yang memiliki visibilitas, integritas moral, kredibilitas, elektabilitas, memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas, serta memiliki kecakapan, keterampilan, dan kecerdasan.

Ada tujuh jenis kecerdasan yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang ideal, yaitu: Kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan spiritual (SPQ), kecerdasan vokasional (VQ), kecerdasan kreatif (CQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan social (SQ), dan kecerdasan managerial (MG). Kecerdasan intelektual menyangkut kemampuan bernalar dan pemecahan masalah. Kecerdasan emosional menyangkut kemampuan menahan dan mengendalikan hawa nafsu serta kemampuan mengendalikan diri. Kecerdasan spiritual berkaitan dengan seberapa kuat fenomena religiusitas atau fenomena kehidupan keberagaman seseorang. Kecerdasan vokasional menyangkut kompetensi dan profesionalitas seseorang dalam melakukan tugas sesuai dengan bidang tugas, pekerjaan, dan jabatan yang ia emban. Kecerdasan kreatif menyangkut kemampuan daya cipta. Sedang Kecerdasan social menyangkut kemampuan bergaul dan bermasyarakat, dan kecerdasan manajerial menyangkut kemampuan memimpin. Jika seorang pemimpin mempunyai semua hal tersebut maka masalah yang ada di daerah yang dipimpinnya akan berkurang dan dapat diatasi dengan baik, sehingga warganya hidup sejahtera dan Gresik siap untuk menghadapi era 4.0 yang semakin maju seiring perkembangan zaman. Lewat artikel ini saya harap kabupaten Gresik kelak di masa yang akan datang menjadi lebih baik dan menjadi salah satu kabupaten yang terbaik di Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button