Tutorial

Import Soal di Moodle Dengan Examview

Assalamu’alaikum wr. wb.

Tahapan pembelajaran sudah mulai berakhir, tentunya pada saat ini adalah masa masa penilain akhir tahun ajaran yang mutlak harus dilakukan pada setiap pembelajaran. Pada masa pandemi Covid-19 tentunya banyak sekali inovasi-inovasi pembelajaran yang bersistem daring, mulai dari google classroom, google form, elarning madrasah, quizzez, moodle, dan lain sebagainya. Tentunya hal itu dapat menjadikan guru dan peserta didik bisa mengikuti dan mengerti kemajuan teknologi pada saat ini.

Sesuai dengan judul disini kami akan menjelaskan tutorial bagaimana cara membuat soal/kuis di model pembelajaran moodle.

Yang pelu disiapkan terlebih dahulu adalah; Laptop tentunya dengan segala pelengkapnnya, bahan ajar ( materi ), dan tentunya bahan pendamping lainnya (kopi, snack, air mineal) smiley.

Tahap yang pertama

Laptop yang sudah kita nyalakan tentunya sudah memiliki software  microsoft word (versi berapapun boleh)

Materi soal, dalam mengetiknya ada hal hal yang harus kita perhatikan terutama format pengetikannya karena agak sedikit berbeda dengan format pengetikan lainnya, karena pada cara ini untuk mengupload soal ke moodle kita menggunakan metode blackboard.

Dalam pengetikan soal format nya seperti gambar di bawah ini, ketika selesai mengetik dan sesuai dengan jumlah soal yang diinginkan save file tersebut dengan format .rtf. contoh; soal latihan.rtf

Untuk soal bergambar tetap bisa dimasukkan dengan pengaturan wrap text (In Line with text), sedangkan untuk mapel exact bisa diketik seperti biasa.

Gambar dibawah ini adalah contoh format penulisan soal 1 kolom.

Tahap yang kedua

Pada tahap ini kita akan mulai menggunakan software pendukung untuk mempermudah proses upload soal ke moodle, software yang kita gunakan adalah examview, kita bisa mendownload software tersebut di link berikut:

Download Examview

Setelah kita mendownload program tersebut, kemudian kita install sampai dengan proses instalasi selesai.

  1. Setelah itu, kita buka program examview test generator tampilannya seperti di bawah ini

  1. Setelah muncul tampilan dibawah ini silahkan klik Next.

  1. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, disini akan kami jelaskan bahwa ada 2 kotak kolom yang mana masing-masing kolom mempunyai fungsi yang berbeda beda; untuk kolom yang pertama adalah folder dimana file soal itu ditempatkan, untuk merubah direktore folder, maka klik icon yang ada lingkaran nya, kemudian akan muncul dialog box yang berisi tentang direktori folder yang harus dipilih sesuai dengan tempat file soal tadi disimpan, setelah menemukan folder tersebut klik OK. Sedangkan untuk kotak yang kedua adalah direktori penyimpanan file soal setelah proses perubahan menjadi file .bnk. Proses nya sama dengan kotak yang pertama, kita harus memilih direktori / folder penyimpanan untuk soal yang sudah berubah ekstensinya menjadi .bnk.

Setelah menentukan folder tempat file soal yang berformat .rtf tadi, maka kita akan menemukan soal yang telah kita buat. Pilih select dan otomatis soal akan pindah ke bawah dan akan siap diproses menjadi file .bnk

Untuk folder penyimpanan file .bnk untuk memudahkan saya pilih folder document, dan bisa memilih folder yang lain sesuai dengan keinginan.

Setelah semua proses dilalui kita pilih Next, dan akan menemukan dialog box seperti di bawah ini, secara default, angka 1 itu adalah 2, karena format soal yang telah dibuat tadi berformat 1 kolom, akan tetapi kalau format soal kita berformat 2 kolom maka bisa kita gunakan angka 2 sesuai dengan default tadi, dan seterusnya….

Tanpa harus merubah yang lain selanjutnya klik Next. Maka kita akan bertemu dengan dialog box yang lain, pada dialog box selanjut nya kita tidak perlu melakukan perubahan cukup klik Next dan Next sampai dengan kita bertemu dengan dialog box terakhir. Setelah itu klik Finish.

Setelah kita klik finish. Kita akan melalui proses terakhir, yaitu melihat proses perubahan soal dari file .rtf menjadi file .bnk dimana dalam proses ini kita akan melihat kalau ada kesalahan dalam penulisan soal maka akan muncul notifikasi eror dan harus kita perbaiki di file .rtf tadi. Kemudian kita akan melaluli proses tahapan mulai dari awal sampai dengan akhir. Kalau sudah lengkap dan sempurna maka tampilan selanjutnya adalah completed seperti gambar di bawah ini.

Sekian tutorial bagaimana cara membuat soal di moodle dengan examview karena ada tahapan lain yaitu mengkonversi .bnk menjadi file blackboard yang nantinya file tersebut kita pakai untuk diupload ke website elearning yang berbasis moodle. Semoga bermanfaat, dan kalau ada kendala bisa kirim komentar di bawah. Sampai ketemu di tutorial selanjutnya.

Baca Juga :
Membuat Kuis Format Aiken Di Moodle

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button