Kuliner

SUCOCA DAN SUMECA

Minuman umumnya menunjuk kepada cairan yang ditelan. Pada umumnya manusia mengonsumsi air putih yang bersih, jernih, dan steril sebagai minuman utama untuk dikonsumsi dan juga baik untuk kesehatan. Selain minuman yang dimaksud, juga hidagan minuman yang beraneka ragam yang disajikan baik dalam acara-acara resmi, rehat atau break, ataupun acara santai, baik di rumah bersama keluarga maupun di pertemuan-pertemuan.

Masing-masing suku bangsa memiliki minuman khas dan beragam kuliner yang selalu memanjakan lidah. Tak Cuma makanan, minuman tradisional pun jadi daya tarik tersendiri bagi kuliner jawa timur. Nah…. minuman tradisional seperti  Cincau adalah sejenis minuman penyegar dengan bahan utama gel mirip agar-agar, potongan cincau ditambah dengan sirup, santan dan es serut sehingga jadi minuman penyegar. Cincau yang dipakai berbeda-beda tergantung daun tumbuhan yang dipakai.

Meskipun minuman tradisional saat ini sudah harus berhadapan dengan jenis merk minuman yang lebih masa kini, namun minuman tradisional yang alami dan sehat karena tidak menggunakan bahan pengawet. Tidak jarang juga orang-orang mengkonsumsi minuman tradisional untuk bernostalgia. Hal ini disebabkan karena kebudayaan yang mempunyai minuman dan makanan khas daerah masing-masing.

Apa itu SUCOCA dan SUMECA ……..????

Kalian pasti penasaran kan apa itu sucoca dan sumeca……

SUCOCA adalah singkatan dari Es Susu Coklat Cao atau bisa juga disebut Es Susu Gula Jawa Dan Cincau, sebaliknya SUMECA adalah Es Susu Merah Cao atau Es Susu Gula Merah dan Cincau. (hehe) gimana sudah tau kaan apa itu SUCOCA DAN SUMECA.

Es cincau gula jawa/gula merah ini merupakan minuman segar yang terbuat dari bahan utama potongan cincau hitam, yang kemudian disiram dengan sirup gula jawa/gula merah super legit, lengkap dengan kuah santan yang memberikan rasa gurih. Untuk cincaunya bisa dipotong dadu dengan besar dan ketebalan yang diinginkan atau sesuai selera, atau bisa juga diserut layaknya minuman susu jelly.

Cara membuat resep SUCOCA DAN SUMECA tentu saja merupakan hal yang sangat mudah dan praktis. Karena hanya dengan bahan-bahan yang mudah kalian temukan, dengan itu kalian sudah bisa membuat minuman dingin yang enak dan segar ini di rumah. Perlu diingat saat merebus gula jawa, jagan lupa tambahkan daun pandan beberapa lembar yang diikat simpul agar mengeluarkan aroma wangi sedap yang khas.

Jika beberapa waktu lalu hitz banget kreasi minuman cappucino cincau, milo cincau, coklat cincau, dan brown sugar cincau ala chatime yang dibuat dari bubuk powder drink. Jadi jangan sampe ketinggalan menjajankan kreasi minuman segar dingin yang terbuat dari cincau ini yaaa….. bisa ditambahkan juga dimenu jualan atau bakulan kalian, siapa tau jaadi ladang rezeki yang baik untuk kamu.

Thanks youuu ……

Semoga bermanfaat …….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button