PROGRAM PENGEMBANGAN MADRASAH

Tugas pokok kepala Madrasah dalam usaha mengembangkan Madrasah, yaitu bagaimana upaya kepala Madrasah dalam

1. menyusun dan atau menyempurnakan visi, misi dan tujuan Madrasah;
Visi adalah pandangan atau wawasan ke depan yang dijadikan cita-cita, inspirasi, motivasi, dan kekuatan bersama warga Madrasah mengenai wujud Madrasah pada masa yang akan datang.
Misi adalah pernyataan tentang hal-hal yang digunakan sebagai acuan bagi penyusunan program Madrasah dan pengembangan kegiatan satuan-satuan unit Madrasah yang terlibat, dengan penekanan pada kualitas layanan peserta didik dan mutu lulusan yang diharapkan oleh Madrasah dalam rangka mewujudkan visi Madrasah.
Tujuan adalah capaian kualitas yang spesifik, terukur, dapat dikerjakan, relevan, dan jelas waktu pencapaiannya, dalam rangka mewujudkan visi dan misi Madrasah. Menetapkan visi, misi, dan tujuan Madrasah merupakan salah satu tugas kepala Madrasah. Visi dan misi Madrasah merupakan tahap awal bagi Madrasah dalam membuat rencana pengembangan Madrasah empat tahun ke depan.

2. menyusun struktur organisasi Madrasah;
Struktur organisasi adalah pengaturan tentang sistem penyelenggaraan dan administrasi Madrasah yang memuat uraian tugas, wewenang, dan tanggung-jawab yang jelas dan transparan.

3. menyusun rencana kerja jangka menengah (RKJM) dan rencana kerja tahunan (RKT);
Kepala Madrasah dalam mengembangkan Madrasah dapat menggunakan strategi pengembangan Madrasah Sebagai berikut :.
a. Melakukan analisis lingkungan strategis dengan menggunakan metode analisis dengan membandingkan antara kondisi pendidikan saat di Madrasah dan pendidikan yang diharapkan (kondisi ideal). Madrasah dapat menggunakan metode analisis seperti SWOT, Evaluasi Diri Madrasah (EDM) atau metode lain;
b. Menggunakan indikator Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang akan dianalisis;
c. Menemukan kesenjangan antara kondisi nyata dan kondisi ideal yang diharapkan. Kesenjangan pada setiap indikator akan menjadi bahan rujukan untuk strategi perencanaan program pendidikan di Madrasah;
d. Mengelompokkan program-program Madrasah yang terdeteksi dari kesenjangan berdasarkan skala prioritas;
e. Menuangkan skala prioritas ke dalam rencana kerja jangka menengah (RKJM);
f. Menguraikan RKJM secara operasional ke dalam rencana kerja tahunan (RKT);
g. Melengkapi RKT dengan pembiayaan sehingga menjadi rencana kegiatan dan anggaran Madrasah (RKAM);
h. Melakukan pemonitoran untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian tujuan dan hasil dari berbagai yang direncanakan Madrasah dan evaluasi berupa pemantauan, pengawasan dan evaluasi. Hasilnya dapat dijadikan sebagai rujukan untuk menindaklanjuti program selanjutnya.

4. menyusun peraturan Madrasah;
Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan. RKJM merupakan rencana kerja pencapaian tujuan berdasarkan skala prioritas. Substansi rencana kerja tersebut diperoleh dari kesenjangan yang terjadi antara kondisi Madrasah saat ini dengan kondisi ideal yang diharapkan. Indikator dari RKJM mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

5. mengembangkan sistem informasi manajemen.
Rencana Kerja Tahunan (RKT) adalah rencana kerja MA. Yasmu Manyar dalam 1 tahun sebagai skala prioritas dari RKJM. Rencana Kerja Tahunan dapat dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah sebagai istilah lain dari Rencana Anggaran Penerimaan dan Belanja Madrasah. Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan Madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. Rencana kerja tahunan memuat ketentuan yang jelas mengenai kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasarana, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan Madrasah, peran serta masyarakat dan kemitraan, serta rencana-rencana kerja lain yang mengarah kepada peningkatan dan pengembangan mutu.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Madrasah

Membangun Ruang Kreatif Siswa Da...
Literasi adalah sesuatu yang berhubungan dengan membaca dan me...
Peringatan Hari Guru 2022 Madras...
Peringatan Hari Guru merupakan hari dimana kita memperingati j...
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa...
Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) merupakan segala sesua...
Peringatan Bulan Bahasa Di MA Ya...
Setiap bulan selalu ada peringatan yang dirayakan, baik secara...
Absensi Digital Inovasi Baru MA ...
Absensi Digital inovasi baru MA Yasmu pada tahun pelajaran 202...
Masa Ta'aruf Siswa 2022-2023
MA YASMU.- Setiap tahun ajaran baru, proses pembelajaran di li...

Agenda Madrasah

Rabu, 26 Oktober 2022
Lomba Memperingati Sumpah Pemud...
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

Pengumuman Madrasah

Jadwal Pondok Ramadhan
Jadwal Luring Kelas IV
Stop Bullying

E-Content Madrasah Aliyah Yasmu

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

E-Content Madrasah Aliyah Yasmu

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

Gelombang 1

:
:
: