62 views

MA Yasmu.- Hidup adalah pembelajaran tanpa henti hingga nafas kita berhenti. Inilah moto yang dipegang teguh oleh hampir setiap orang, seperti halnya siswa Madrasah Aliyah Yasmu. Dalam pendidikan selalu ada kegiatan pembelajaran, baik itu di pembelajaran di sekolah maupun pembelajaran di rumah. Saat ini sistem pendidikan Indonesia memanfaatkan internet sebagai sarana pembelajaran jarak jauh. Namun, pembelajaran secara tatap muka tetap dilakukan meski dengan dengan tempo yang singkat namun padat. Hal itu bertujuan agar sistem pembelajaran di Madrasah Aliyah Yasmu tetap terkontrol dan tepantau dengan baik.

Meski pembelajaran secara daring lebih dominan dilakukan saat ini, penilaian tetap dilakukan untuk mengukur perkembangan pembelajaran yang telah dilakukan selama ini. Setiap tiga bulan sekali selalu dilakukan sistem penilaian yang bersifat kolektif, artinya sistem penilaian ini dilakukan secara bersama pada setiap mata pelajaran yang telah dipelajari oleh siswa Madrasah Aliyah Yasmu dalam bentuk Penilaian Tengah Semester.

Penilaian secara individu oleh setiap guru tetap dilakukan meski belum genap tiga bulan. Penilaian tersebut berupa penilaian harian dan ulangan harian. Kegiatan tersebut bertujuan mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan pada saat itu dan mengukur kemampuan peserta didik setiap materi telah usai dipelajari.

Penilaian Tengah semester di Madrasah Aliyah Yasmu bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang utuh mengenai perkembangan hasil belajar peserta didik, memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil terus menerus dengan menggunakan berbagai bentuk penilaian.

Penilaian Tengah Semester kali ini dilaksanakan pada tanggal 21 September 2020 hingga tanggal 29 September 2020. Sistem penilaian ini dilakukan dengan sistem daring dan luring. Pengawasan sepenuhnya tetap dilakukan pada saat Penilaian Tengah Semester kali ini. Materi pembelajaran saat daring dinonaktifkan sementara waktu agar kegiatan Penilaian Tengah Semester bisa terfokuskan dan terpusat pada saat itu.

Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan laporan hasil belajar jika seluruh kegiatan tengah semester telah dilakukan. Hal ini dilakukan agar pendidik dan wali murid dapat saling mengetahui laporan hasil belajar yang telah dilakukan selama kurun waktu tiga bulan. (Archie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *