7 views

MA Yasmu – Kemunculan dan penyebaran Covid-19 menimbulkan banyak perubahan terutama dalam hal pendidikan, di tahun pelajaran 2019/2020 merupakan tahun pelajaran emas yang begitu banyak perubahan di sisitem pendidikan Indonesia yang dimulai di tahun ini, siswa dibiasakan belajar online. Dalam pandemi seperti ini sekolah harus tetap melakukan evaluasi pembelajaran, sebagai penutup tahun pelajaran 2019-2020 Madrasah Aliyah YASMU menggunakan sistem PAT (Penilaian Akhir Tahun) untuk kelas X (Sepuluh) dan kelas XI (Sebelas) dengan secara online  / daring dengan di rumah masing-masing dan pihak guru bekerjasama dengan orang tua untuk mengkondisikan siswa-siswi ketika mengerjakan PAT dan untuk mengikutinya di rumah. Siswa-siswi Madrasah Aliyah YASMU dapat mengakses di web https://aliyahyasmu.sch.id/elearning/.

Sebelum PAT berlangsung Madrasah Aliyah YASMU melakukan pembelajaran secara online melalui web ( https://aliyahyasmu.sch.id/elearning ) yang memuat materi, dan tugas-penugasan mulai semseter genap.

Madrasah Aliyah YASMU melaksanakan PAT setelah hari raya Idul Fitri sesuai dengan kalender Pendidikan pada tanggal 02 Juni s/d 13 Juni 2020. Dan Sebelumnya Madrasah Aliyah YASMU di semester Ganjil juga memang sudah melakukan PAS (Penilaian Akhir Semester) berbasis online (CBT) di Madrasah kelas masing-masing. Jadi, di tengah pandemi Covid-19 ini anak-anak sudah terbiasa melakukan ujian secara online melalui Smartphone maupun Laptop.

Menurut Bapak Alfian Yazdad, S.H.I sebagai Kepala Madrasah “Penilaian akhir tahun adalah suatu keniscayaan yang harus tetap dilaksanakan meskipun dalam keadaan apapun, karena dengan adanya PAT dapat mengukur pengetahuan peserta didik selama masa pembelajaran pada semester genap.” (03/06/2020)

Jadi, Madrasah Aliyah YASMU tetap melaksanakan pembelajaran online dan mengevaluasi peserta didik melalui PAT berbasis online untuk mengukur pengetahuan / kemampuan peserta didik Madrasah Aliyah YASMU.

Menurut Bapak Suyono, Waka Kurikulum Madrasah Aliyah YASMU “di Madrasah Aliyah YASMU Penilaian Akhir Tahun berbasis online berjalan dengan lancar dan dengan adanya PAT ini dapat mengetahui kemampuan masing-masing siswa dan mengetahui kepedulian orang tua untuk mendampingi para siswa ketika PAT secara daring”. (04/06/2020).

Untuk siswa-siswi Madrasah Aliyah YASMU yang sedang melaksanakan Penilaian Akhir Tahun yang berbasis online Fokus Ujian, Semangat Belajar, semoga selalu diberi kelancaran dalam mengerjakan. Prestasi Memang Penting, tetapi jujur lebih utama, dan jangan lupa untuk selalu berdoa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *