Pendidikan

Pelaksanaan Ujian Madrasah Tahun 2020-2021

MA Yasmu.- Ujian Nasional selama ini menjadi salah satu penentu dari kelulusan siswa. Awalnya Menteri Nadiem Makarin merencanakan pengahapusan Ujian Nasional yang diganti dengan AKM (Assasment Kompetensi Minimum) (13/12/2019). Belum sempat terlaksana AKM pandemi covid-19 mulai menyebar ke Indonesia. Tahun 2020 lalu siswa terpaksa membatalkan ujian Nasional dan lulus dengan menggunakan nilai raport. Selain  itu menteri agama juga memastiakan bahwa pelaksanaan Ujian Madrasah Berstandart Nasional (UAMBN) ditiadakan. Ujian yang tak terselenggara itupun berlanjut sampai tahun ini 2021. Kelulusan ditentukan oleh madrasah masing-masing.

Terkait kelulusan siswa, Dhani menjelaskan telah mengeluarkan Surat Edaran Dirjen Pendis No B.-298/DJ.I/ PP.00/02/2021 tentang Penyelenggaraan Kelulusan dan Kenaikan Kelas Siswa madrasah. Siswa madrasah dinyatakan lulus setelah memenuhi tiga syarat. Pertama, menyelesaikan program pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester. Kedua, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal ‘Baik’. Ketiga, mengikuti Ujian Madrasah (UM) yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (madrasah). “Ujian Madrasah merupakan ujian akhir program yang dilaksanakan pada siswa kelas akhir pada setiap jenjang madrasah dari tingkat MI, MTs, dan MA,” kata mantan Direktur Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Madrasah Aliyah Yasmu mengadakan UJIAN MADRASAH selama 12 hari, dimulai dari tanggal 15-27 Maret 2021.  Ujian madrasah kali ini dilakukan di sekolahan dengan mematuhi protokol kesehatan. Ujian madrasah kali ini menggunkaan teknologi modern, tidak ada lagi kertas diatas meja siswa/siswi yang ada gawai (handphone) yang digunakan. Hal tersebut juga untuk mengurangi kontak fisik agar mencegah peneyebaran virus Covid-19.

suasana ujian

Layaknya Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) di Madrasah aliyah yasmu menggunakan Moodle, ujian madrasah kali ini juga menggunakan moodle. Moodle merupakan platform yang dibuat khusus untuk management pembelajaran, moodle sangat mudah diakses siswa  melalui handphone. Selain platform yang telah memadai, sekolah Madrasah Aliyah Yasmu ini juga dilengkapi dengan wifi area, sehingga siswa/siswi dapat dengan lancar mengerjakan ujian madrasah.

Ujian Madrasah merupakan ujian akhir program yang dilaksanakan siswa kelas XII, ujian   ini menitik beratkan pada materi-materi selama sekolah 3 tahun. Materi mulai kelas X, XI dan XII. Ujian Madrasah ini menjadi salah satu laporan hasil belajar siswa/siswi. Hal ini dilakukan selain menjadi salah satu tolak ukur prestasi siswa,  juga untuk tolat ukur  satuan Madrasah dalam menjalankan pembelajaran selama ini.

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button