MENERAPKAN SELF – COMPASSION PADA DIRI KITA SENDIRI

Untuk Anda yang Pernah Gagal Terapkan Self Compassion Pada Diri Kita maka Akan Memberikan Kebaikan Dan Perhatian Pada Diri Kita

Dalam kehidupan sehari-hari  kita tidak akan luput dengan fokus pada hal-hal negatif dalam diri maupun di lingkungan sekitar. Kita sering menyalahkan diri sendiri atas “ketidak-idealan” kehidupan yang kita miliki. Kita terus saja menggerutu dan memaki diri atas segala kegagalan dan ketidakberdayaan kita akan sesuatu yang kemudian berujung pada tindakan membenci diri sendiri. Terlebih lagi, kita tumbuh dalam lingkungan dengan tekanan hidup berlipat ganda dalam masyarakat yang “menuntut” sempurna.

Self-compassion dimulai dengan menumbuhkan kesadaran terhadap sebuah penderitaan, kesulitan, dan ketidakberdayaan. Kita tidak bisa menjadi manusia yang compassionate kecuali kita mampu menyadari penderitaan yang dialami oleh seseorang. Menyadari dan memahami penderitaan seseorang dimulai dengan bagiamana kita memperlakukan diri sendiri. Apabila kita memperlakukan diri dengan kasar dan penuh kebencian maka mustahil bagi kita untuk menyadari penderitaan orang lain. Bagaimana kita memperlakukan diri sendiri adalah cerminan perilaku kita terhadap orang lain.  Bagaimana kita memperlakukan diri sendiri dalam masa-masa sulit adalah cerminan perilaku kita dalam memperlakukan orang lain yang mengalami hal-hal sulit dalam hidupnya. Memahami dan menyadari bahwa kita harus tetap memberikan kasih sayang yang sama setiap saat pada diri sendiri adalah landasan kita dalam memperlakukan seseorang yang sedang dalam penderitaan hidup mereka.

Self-compassion adalah sebuah cara yang kita lakukan untuk tetap berlaku baik terhadap diri sendiri. Hilangkan kritikan-kritikan tajam pada diri sendiri (self-judgment) atas sebuah kegagalan atau ketidakberdayaan diri, kita memilih untuk tetap memberikan kebaikan, tanamkan pengertian pada diri sendiri, dan belas kasih terhadap diri sendiri dengan penuh pemahaman bahwa keagagalan atau ke ketidakmampuan, ketidaksempurnaan adalah bagian dari pengalaman semua manusia.

Self-compassion berarti kita menghormati dan menerima segala sisi kemanusiaan kita. Tidak semua yang kita harapkan dan rencanakan akan terwujud. Kita akan mengalami kegagalan, frustasi, bahkan kehancuran. Namun, perlu kita ingat bahwa manusia pasti mengalami kegagalan karena kita adalah makhluk yang tidak sempurna. Kita hanya harus menerima sisi kemanusiaan itu dan berjuang untuk bangkit kembali.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Madrasah

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa...
Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) merupakan segala sesua...
Peringatan Bulan Bahasa Di MA Ya...
Setiap bulan selalu ada peringatan yang dirayakan, baik secara...
Absensi Digital Inovasi Baru MA ...
Absensi Digital inovasi baru MA Yasmu pada tahun pelajaran 202...
Masa Ta'aruf Siswa 2022-2023
MA YASMU.- Setiap tahun ajaran baru, proses pembelajaran di li...
HABIS INI BERPISAH
Seorang laki-laki tinggi membuka pintu kamar itu, dindingnya b...
ANTARA CINTA DAN BENCI
Kini diriku semakin beranjak dewasa , dulu cintaku masih labil...

Agenda Madrasah

Rabu, 26 Oktober 2022
Lomba Memperingati Sumpah Pemud...
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

Pengumuman Madrasah

Jadwal Pondok Ramadhan
Jadwal Luring Kelas IV
Stop Bullying

E-Content Madrasah Aliyah Yasmu

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

E-Content Madrasah Aliyah Yasmu

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman