OSISPendidikan

Matsama Virtual 2021 MA Yasmu

MA YASMU.- Masa ta’aruf siswa madrasah atau yang lebih kita kenal sekarang ini dengan sebutan Matsama merupakan masa orientasi pengenalan siswa mengenai lingkungan Madrasah. Serangkaian kegiatan Matsama yang dilaksanakan di Aliyah Yasmu bersifat edukatif, menumbuhkan kreativitas, dan menginovasi sehingga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan rasa cinta terhadap Madrasah.

Tujuan diadakannya kegiatan Matsama adalah untuk mengenalkan lingkungan, nilai, dan karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru, agar selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya.

Matsama di Aliyah Yasmu dilaksanakan pada tanggal 12 Juli sampai 15 Juli 2021. Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 10.00 WIB yang dilaksanakan secara daring atau online dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting agar semua peserta didik baru dapat melakukan komunikasi secara langsung meskipun secara digital. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, dan YouTube dengan harapan dapat disaksikan tayangan ulang oleh peserta didik maupun khalayak umum.

Jadwal pada hari pertama adalah sejarah dan pengenalan lingkungan Madrasah yang disampaikan oleh bapak Alfian Yazdad, S. Hi. selaku kepala Madrasah Aliyah Yasmu. Materi dilanjutkan oleh pengurus osis yang menyampaikan prestasi yang diraih oleh Aliyah Yasmu serta para alumni Madrasah Aliyah Yasmu.
Hari kedua yaitu pengenalan kegiatan-kegiatan dan OSIS yang berada dibawah naungan Madrasah Aliyah Yasmu. Materi ini disampaikan oleh pembina OSIS, bapak Basuki Rahmat, S.Pd. dilanjutkan dengan edukasi tentang tata tertib Madrasah yang dibina oleh Ibu Chilyatut Taqiyah, S.Pd. I. Sebagai Waka kesiswaan Madrasah Aliyah Yasmu.

media
Suasana Matsama dengan google meet

Selanjutnya kegiatan Matsama melalui daring pada hari ketiga yakni tentang KBM dan sosialisasi pembelajaran e-learning yang disampaikan langsung oleh ibu Durrotun Mahsunnah, S.Pd. sebagai Waka kurikulum madrasah Aliyah Yasmu.

Pada hari terakhir adalah edukasi tentang karakter moderasi bagi peserta didik. Materi ini dibagi menjadi dua bagian, yakni edukasi karakter moderasi keagamaan dan edukasi karakter moderasi kewirausahaan/enterpreneur muda. Kedua materi ini disampaikan oleh dua guru yang berbeda, yaitu ibu Nurul Faridah, S. Pd. dan ibu Siti Zainab, S.Pd., Gr.

Meskipun serangkaian materi Matsama dilaksanakan secara daring, hal itu tidak menyurutkan para peserta didik baru dalam mengenal madrasahnya. Antusiasme peserta didik baru dalam mengikuti kegiatan Matsama di Madrasah Aliyah Yasmu terlihat saat mereka aktif bertanya jawab dalam forum zoom meeting yang disampaikan oleh pemateri.

Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, oleh karena itulah Madrasah Aliyah Yasmu memodifikasi kegiatan Matsama tidak hanya dapat diakses secara langsung oleh peserta didik namun kegiatan pengenalan ini juga dapat ditayangkan ulang pada channel YouTube Aliyah Yasmu sehingga diharapkan semakin bertumbuh kembang rasa cinta dan rasa memiliki Madrasah Aliyah Yasmu di hati, jiwa, dan raga peserta didik.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button