25 views

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting bagi perkembangan dan kemajuan suatu bangsa, melalui pendidikan akan tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berkualitas. Pendidikan juga menjadi salah satu indikator penilaian menjadi tolak ukur berhasil tidaknya suatu indeks pembangunan manusia disuatu negara. Menyadari arti strategis pendidikan dalam mencapai suatu kemajuan bangsa, maka Madrasah Aliyah (MA) YASMU Manyar Gresik hadir di tengah-tengah Masyarakat guna menjawab tantangan di era globalisasi ini, dengan membuka 2 jurusan IPA dan IPS.

Dalam pendidikan memerlukan strategi agar dapat bersaing secara baik, Strategi kompetitif dalam pendidikan adalah adanya inovasi, kreativitas dan ide yang baru. Maraknya pertumbuhan lembaga pendidikan dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan dinamisnya perkembangan sektor pendidikan. Meningkatnya kesadaran pendidikan menjadi salah satu unsur yang dapat mendorong tumbuh berkembangnya berbagai lembaga pendidikan. Namun demikian, kompetisi kualitas pendidikan menjadi penilaian utama dalam mengembangkan lembaga pendidikan yang semakin menjamur di lingkungan kita.

Madrasah Aliyah (MA) YASMU Manyar Gresik tidak hanya mengajarkan siswa dari aspek pengetahuan saja tetapi juga mengajarkan aspek keagamaan sebagai fondasi pendidikan. “Kami yakin dengan dua aspek tersebut siswa-siswi kami mampu bersaing dengan siswa dari sekolah di luar sana” kata kepala Madrasah Aliyah (MA) YASMU Bapak Moh. Alfian Yazdad, S.H.I.

Dengan Motto Islami Kreatif dan Kompetitif berharap agar siswa Madrasah Aliyah (MA) YASMU Manyar Gresik mempunyai kepribadian yang berakhlaqul Karimah, yang mempunyai kreatifitas dan ketrampilan sebagai modal untuk masa depannya, dan kompetitif dalam berbagai hal.

Untuk mencapai tujuan tersebut diatas, Madrasah Aliyah (MA) YASMU menjabarkan motto tersebut dalam bentuk kegiatan. Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah melaksanakan kegiatan sholat dhuhur berjamaah, melaksanakan kegiatan eskul seperti Tata Boga, Tata busana, TPQ, komputer. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan siswa atau lulusan Madrasah Aliyah (MA) YASMU mampu bersaing secara kompetitif ditengah-tengah masyarakat.

Dalam proses pembelajaran di sekolah, guru merupakan sumber daya edukatif dan aktor utama  dalam proses pembelajaran yang tidak akan pernah tergantikan walaupun perkembangan ilmu pengetahuan teknologi pembelajaran mengalami perkembangan sangat pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak menjadi penghalang bagi seorang guru melainkan tantangan menutut kompetensi professional guru yang lebih tinggi.

Dalam strategi kompetitif harus mempertimbangkan kelebihan lembaga pendidikan seperti memiliki tenaga yang berkualitas, sehingga mampu bersaing dalam memajukan mutu pendidikan. Menggunakan kurikulum dan metode pengajaran yang inovatif, sehingga para siswa tidak bosan.

Madrasah Aliyah (MA) YASMU memiliki tenaga edukatif yang kompeten dan bersertifikasi sehingga mampu menjabarkan perkembangan pendidikan di era digital, terbukti dengan adanya membelajaran secara online (E-learning) berjalan dengan efektif.

Setiap tahun Madrasah Aliyah (MA) YASMU slalu berbenah baik sarana maupun prasarananya, “Alhamdulillah sekarang setiap ruang kelas sudah dilengkapi LCD Proyektor dan jaringan wifi, sehingga mempermudah proses belajar mengajar” ujar Waka Sarana dan Prasarana Bapak H. Aliful Lutfi. Semoga dengan semakin di lengkapinya sarana tersebut menambah semangat belajar siswa-siswi kami, lanjut kata beliau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *