34 views

PKI (Partai Komunis Indonesia) adalah sebuah partai Komunis terbesar di dunia, di Tiongkok bahkan Uni Soviet. Anggota PKI sendiri sekitar 3,5 juta dengan 3 juta pemudanya pada tahun 1965.

Pada tahun 1959 saat Parlemen resmi dibubarkan, Presiden Soekarno dan PKI bekerjasama dalam memperkuat angkatan bersenjata. Bahkan, PKI juga menyambut hangat “Sistem Demokrasi Terpimpin” dan anggapan bahwa dia mempunyai mandvat untuk persekutuan Konsepsi yaitu antara Nasionalis, Agama dan Komunis yang dinamakan NASAKOM.

Provokasi dan bentrokan serta penghianatan yang dilakukan PKI dimulai pada tahun 1963 dengan menginfiltrasi polisi dan tentara. PKI juga berhasil menghasut ribuan petani untuk merampas tanah yang bukan hak mereka. Hal itu yang menjadi penyebab bentrokan antara polisi dan pemilik tanah yang tentu saja semua itu terjadi karena propaganda dari PKI.

Kekerasan oleh PKI di Indonesia menorehkan sejarah panjang pelanggaran hak asasi manusia karena terjadi aksi-reaksi antarkelompok di masyarakat dan dengan jumlah korban tak sedikit, diantaranya adalah penculikan dan penganiayaan serta pembunuhan sejumlah penduduk sipil, polisi, dan ulama di Jawa Tengah dan Jawa Timur.Kebijakan sistematis oleh PKI sekaligus merupakan kelengahan pemerintah.

Beralih dari sisi kekejaman PKI. Pasca peristiwa G30S/PKI, pada tanggal 1 Oktober pemerintah menetapkan hari itu sebagai Hari Kesaktian Pancasila dengan tujuan dapat menguatkan kembali Ideologi pancasila yang sempat ingin dirubah oleh PKI menjadi Ideologi Komunis. Pada tanggal 1 Oktober juga penumpasan G30S/PKI dimulai, dan pada malam harinya pemerintah berhasil mengakhiri anggota Komunis tersebut kemudian menetapkan nya sebagai Hari Kesaktian Pancasila dalam suasana perkabungan dari peristiwa berdarah G30S/PKI.

Pancasila sendiri hakekatnya merupakan suatu jalan pikiran dan dasar falsafah hidup bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sendiri merupakan kepribadian bangsa Indonesia sejak dahulu yang terus berkembang hingga saat ini.

Sehingga makna dari Kesaktian Pancasila tersebut adalah Pancasila sebagai Dasar Negara dan tidak boleh diubah oleh. Hari Kesaktian Pancasila pun saat ini dijadikan simbol sebagai makna perdamaian ketika kerusuhan besar yang terjadi di Indonesia.

Peringatan hari kesaktian pancasila bisa dijadikan kebangkitan bagi kita semua untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotism yang cenderung mulai luntur.

Nilai-nilai itulah yang kemudian kita maknai sebagai semangat untuk membangun kembali jati diri bangsa. Pancasila adalah dasar Negara dan menjadi sumber hukum yang mengatur masyarakat Indonesia termasuk kehidupan berpolitik, karena itu politik sebagai salah satu infrastruktur politik dan segala sesuatu yang hadir dan lahir di bangsa Indonesia harus tunduk pada pancasila.

Pancasila memiliki makna penting bagi seluruh warga Negara Indonesia, bahwa pancasila merupakan pedoman serta dasar Negara yang tidak dapat dan tidak boleh diubah oleh siapapun. Makna kesaktian pancasila yaitu hari dimana seluruh anggota serta pejabat militer Indonesia bergabung.

Penghormatan salah satu makna kesaktian pancasila, dimana setiap warga Negara Indonesia melakukan penghormatan kepada seluruh pahlawan yang telah gugur. Adapun makna kesaktian pancasila sebagai upaya untuk memperkokok peran pancasila sebagai dasar Negara serta ideology bangsa. Pancasila memiliki peran penting sebagai pondasi dasar Negara.

Oleh karena itu, kita sebagai rakyat Indonesia harus selalu mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa Indonesia, dan mencontoh setiap perjuangannya.

───────────────────────

𝙏𝙚𝙧𝙞𝙢𝙖𝙠𝙖𝙨𝙞𝙝, 𝙈𝙖𝙖𝙛 𝙖𝙥𝙖𝙗𝙞𝙡𝙖 𝙖𝙙𝙖 𝙠𝙚𝙨𝙖𝙡𝙖𝙝𝙖𝙣 𝙙𝙖𝙡𝙖𝙢 𝙗𝙖𝙝𝙖𝙨𝙖 𝙢𝙖𝙪𝙥𝙪𝙣 𝙥𝙚𝙣𝙪𝙡𝙞𝙨𝙖𝙣. 𝙈𝙤𝙝𝙤𝙣 𝙠𝙤𝙧𝙚𝙠𝙨𝙞𝙣𝙮𝙖 𝙪𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙡𝙚𝙗𝙞𝙝 𝙗𝙖𝙞𝙠 𝙠𝙚𝙙𝙚𝙥𝙖𝙣𝙣𝙮𝙖.

៸៸﹫ 𝐴𝑟𝑡𝑖𝑐𝑒𝑙 𝑏𝑦 𝐴𝑚𝑖𝑛𝑎₊·

About Aminatus Sholikhah

Hi, I'm Aminatus Sholikhah. I'm 17 years old. I learn on 3rd grade from Senior Islamic High School Of MA YASMU. I often fill my spare time with things that I like, one of them is by making up something or a story😄 I hope you enjoy and can appreciate my work. Thank you🌻

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *