Study tour merupakan kegiatan di luar kelas yang bertujuan untuk mempelajari proses yang sebenarnya langsung di lapangan, Dan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan meningkatkan pengetahuan praktis mereka terhadap aktualisasi di destinasi yang dituju. Study tour juga adalah program sekolah yang bertujuan untuk mempelajari fenomena terkini pada suatu destinasi wisata yang dikunjungi. Kegiatan ini memberikan siswa pengalaman langsung terkait dengan situasi pada daya tarik wisata yang tidak didapatkan disekolah.

Walaupun di Indonesia dalam situasi pandemi dan banyak tempat tempat wisata yang di tutup, Namun itu tidak membuat madrasah Aliyah yasmu membatalkan kegiatan study tour karena madrasah Aliyah terus mencari kabar tentang situsi di jogjakarta dan itu tidak mengkhianati hasil, akhirnya madrasah Aliyah mendapatkan informasi kalau situasi di jogjakarta aman dan objek wisata nya tetap di buka asalkan mematuhi protokol kesehatan. Pada tgl 25-26 desember 2020 Akhirnya Madrasah Aliyah yasmu mengadakan kegiatan study tour ke jogjakarta, kegiatan ini memberikan pembelajaran terhadap peserta didik madrasah Aliyah untuk mengetahui objek objek wisata yang ada di luar, Dan kegiatan study tour ini juga bertujuan untuk menghilangkan rasa bosan dan lelah para siswa-siswi madrasah Aliyah setelah pembelajaran daring dan ujian akhir semester satu, Dan kegiatan itu juga bertujuan untuk mengisi liburan akhir tahun. Dalam study tour, Madrasah Aliyah yasmu menerapkan protokol kesehatan agar siswa-siswi madrasah Aliyah tidak terkena virus covid-19 dan agar pulang dengan rasa bahagia, aman, dan sehat.

Study wisata di Heha sky  view jojga 

Madrasah Aliyah Yasmu memilih objek wisata di jogjakarta karena jogyakarta merupakan tempat yang memiliki potensi wisata. Tidak heran jika ada banyak orang yang merencanakan liburan di Jogja Terlebih saat liburan panjang. Hal ini berkaitan dengan daya tarik wisata di Jogja yang juga terkait dengan budaya dan sejarahnya. Rute perjalanan study tour madrasah Aliyah yasmu yaitu Makam syekh maulana sayyid djumadil kubro, Makam joko Tingkir sragen, Heha sky jogja, Pantai Parangtritis, Studio Alam gamplong, Malioboro, Dan perjalanan pulang menuju Manyar.

Keterlibatan peserta didik dengan objek wisata yang ada akan membuat peserta didik Madrasah Aliyah secara otomatis mendapatkan pengalaman yang menajubkan. Ilmu dan pengalaman baru yang didapatkan peserta didik pun akan dijadikan sebagai bekal bahwa betapa beragamnya ilmu yang harus dipelajari di dunia ini saat ini dan nanti.
Madrasah Aliyah yasmu Islami…Kreatif…Kompetitif…

“By : Saifuddin the writer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *