Karya

Kerja bakti pramuka MA yasmu di lingkungan masyarakat

Gerakan pramuka mendidik dan membina kaum muda Indonesia dengan tujuan agar mereka menjadi manusia berkepribadian, bertakwa dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Salah satu janji pramuka (Trisatya) berbunyi “menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri ikut serta membangun masyarakat.
Bentuk implementasi dalam keikutsertaan Pramuka dalam membangun masyarakat adalah Bakti masyarakat. Bakti masyarakat mengandung arti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kepentingan masyarakat. Sebagai mahluk Individu  Seorang pramuka selalu berproses sepanjang hayatnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik lahir maupun batin.

Pramuka Madrasah aliyah yasmu tahlil bersama di makam mbah onggo Joyo Manyar

Sebagai mahluk sosial seorang pramuka selalu berusaha untuk dapat menyesuaikan diri dengan anggota masyarakat yang lainnya, hidup berdampingan, saling menghormati, saling menolong, saling bekerja sama dan bantu membantu, sehingga akan terjalin kehidupan bermasyarakat yang harmonis, dan sebagai makhluk tuhan seharusnyalah seorang pramuka selalu berusaha meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang maha Esa dengan berusaha beribadah sesuai dengan petunjuk-petunjuk Nya dan meninggalkan larangan-larangan Nya.

Semangat para siswa-siswi madrasah aliyah dalam kegiatan pramuka kerja bakti di area makam mbah onggo Joyo Manyar

Sejalan dengan hal tersebut Pramuka Madrasah Aliyah yasmu melakukan Kerja bakti. Kerja bakti tersebut bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan sebagai ajang menempah diri peserta didik dalam menjalankan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka untuk mewujudkan para kader generasi penerus yang memajukan pramuka Indonesia, Suasana Kegiatan Kerja Bakti yang dilaksanakan oleh Pramuka Madrasah aliyah yasmu dalam keadaan yang senang hati, bersemangat dan suka rela untuk membersikan lingkungan sekitar.
Kerja bakti tersebut dilaksanakan di tempat Makam Mbah onggo Joyo (Manyar) dan dengan agenda membaca tahlil bersama kemudian di lanjut dengan kerja bakti di area makam. Semangat para siswa-siswi madrasah aliyah yasmu dalam kegiatan tersebut menjadikan bahwa mereka ingin memajukan pramuka madrasah aliyah, ingin memperkembangkan pramuka dan juga mereka ingin agar pramuka madrasah aliyah yasmu bisa di kenal di masyarakat luas.

Gerakan Pramuka merupakan sebuah keniscayaan. Sebagai wadah aktualisasi diri  para generasi muda, setiap anggota gerakan Pramuka sudah selayaknya memberi dampak positif bagi lingkungan di sekitarnya, dengan segala tantangan dan dinamika yang ada sehingga melahirkan para kader-kader yang mampu memajukan masyarakat demi terwujudnya Indonesia yang berkepribadian, maju, dan mandiri.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button