79 views

MA Yasmu.- Derasnya laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai menimbulkan rasa khawatir dikalangan masyarakat. Terutama ekses negatif yang muncul dan tidak dapat dinafikan sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Menyikapi kondisi ini, masyarakat mulai berpaling dan menaruh harapan besar kepada madrasah agar dapat menjawab tantangan. Sebab, di mata masyarakat, madrasah dapat memberikan benteng bagi anak-anak mereka karena tidak hanya membekali ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga memberikan bekal ilmu agama.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementrian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal dilaksanakan (tahun 2012) dan pada tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi dan memadukan sains dengan konsteks nilai-nilai Islam yang meliputi  Al Qur’an, Fikih, Hadits, dan lain sebagainya.

Pada Tahun ini 2020 KSM dilaksanakan dengan konsep / skema yang berbeda yakni menggunakan Skema Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) Tahun 2020. KSM Online 2020 ini akan menggunakan soal dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab guna menyiapkan KSM mendatang yang akan Go Internasional, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat.

Juknis lengkap pelaksanaan KSMO 2020 dapat didownload di link berikut:
Download Juknis KSMO 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *