25 views

───────────────────────

Terik sinar matahari di siang hari seringkali mematahkan semangat siswa-siswi untuk terus belajar. Ketahuilah, siang hari begini kondisi siswa-siswi sudah kehabisan tenaga untuk berfikir lebih kritis lagi akan pelajaran.
Suara lonceng bel tanda berakhirnya jam pelajaran seketika bak memberikan semangat bagi siswa-siswi lagi. Sorak sorai dari mereka pun menggema dipenjuru kelas. Satu per satu dari mereka mulai berhambur ke luar kelas untuk segera bergegas pulang dan mengistirahatkan diri mereka masing-masing. Begitu juga dengan Alina, seorang siswi berjilbab yang selalu membawa tumpukan buku di tangannya. Gadis berkacamata itu nampaknya seperti kelelahan dan merasa gerah karena berjalan kaki di teriknya matahari saat ini.

Bersama dengan langkahnya, Alina melihat sekeliling dan menemukan beberapa pedagang kaki lima di sebrang jalan. Karena dia merasa kehausan dan sangat lelah, Alina memutuskan untuk pergi ke salah satu penjual es dawet. Alina memesan satu bungkus es dawet, namun saat si penjual tengah melayani pesanan Alina, Alina melihat ada 2 anak kecil yang duduk dipinggir jalan tak jauh dari tempatnya. Mereka terlihat sangat lelah dan sepertinya juga kehausan. Apabila dilihat dari penampilannya, mereka seperti seorang pengamen karena ada kecrek dan gitar ditangan mereka.

Karena merasa tersentuh, Alina memutuskan untuk membelikan mereka minuman. Saat Alina merogoh sakunya, ternyata uangnya hanya tersisa 2000 saja yang mana cukup untuk membeli 1 minuman lagi. Setelah selesai membeli, Alina menghampiri kedua anak tersebut. “Hai,” sapa Alina dengan lembut. Sontak mereka berdua menoleh kearah sumber suara. Meskipun mereka awalnya terlihat terkejut karena Alina tiba-tiba berada disana, namun mereka tetap membalas Alina dengan senyum manis dari sudut bibir mereka. “Oh ya, kalian kenapa duduk disini? kan disini panas, kenapa tidak duduk ditempat duduk disana saja?” tanya Alina. “Nggak papa kak, kita udah terbiasa duduk di pinggir jalan seperti ini kok. Kita juga lagi menunggu ibu kita.” jawab salah satu anak kecil yang terlihat lebih besar dari anak disebelahnya. “Memangnya ibu kalian kemana?” tanya Alina lagi. “Lagi ngumpulin botol-botol bekas kak”, Alina yang langsung paham dan merasa obrolan nya terlalu jauh kemudian memberikan sekantong plastik kepada kedua anak tersebut. ” Oh ya, ini kakak punya minuman dingin untuk kalian. Ini es dawet, enak banget loh. Ini buat kalian yah, diminum” ujar Alina dengan tersenyum tulus pada mereka. “Loh, nggak perlu susah-susah kak”. ” Ah nggak papa, sungguh kakak ikhlas ngasih itu ke kalian kok.” ungkap Alina. “Terus kakak minum apa? kita nggak liat kakak pegang minuman.” pertanyaan yang dilayangkan anak itu membuat Alina terdiam sebentar. “Ada kok, di tas kakak ada air mineral sisa tadi disekolah. masih ada, jadi kakak minum itu” kemudian Alina mengambil botol air mineral yang tersisa beberapa teguk saja itu dan meminum nya. “tuhkan kakak udah minum, kalian juga minum ya.” karena mereka juga merasa sangat kehausan, es dawet dari Alina pun diminum oleh mereka. Alina yang melihat itu reflek meneteskan air matanya. Untuk sebuah minuman saja mereka harus mencari uang dulu apalagi mereka masih sangat kecil, batin Alina. Waktu berjalan sangat cepat, dan tak terasa Alina bahkan menghabiskan satu jam nya untuk menemani kedua anak tersebut bersama dengan cerita dan canda tawa mereka.

Banyak hal Alina pelajari hari ini, tentang bagaimana kita harus bersyukur tentang apa yang kita punya sekarang. Karena, diluar sana masih banyak orang yang juga butuh seteguk dan sesuap minum dan makan. Alina juga belajar tentang hikmah dari ikhlas yang memberikan kedamaian hati dan juga sesuatu yang tentunya sangat dianjurkan oleh agama.

───────────────────────

𝙏𝙚𝙧𝙞𝙢𝙖𝙠𝙖𝙨𝙞𝙝, 𝙈𝙖𝙖𝙛 𝙖𝙥𝙖𝙗𝙞𝙡𝙖 𝙖𝙙𝙖 𝙠𝙚𝙨𝙖𝙡𝙖𝙝𝙖𝙣 𝙙𝙖𝙡𝙖𝙢 𝙗𝙖𝙝𝙖𝙨𝙖 𝙢𝙖𝙪𝙥𝙪𝙣 𝙥𝙚𝙣𝙪𝙡𝙞𝙨𝙖𝙣. 𝙈𝙤𝙝𝙤𝙣 𝙠𝙤𝙧𝙚𝙠𝙨𝙞𝙣𝙮𝙖 𝙪𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙡𝙚𝙗𝙞𝙝 𝙗𝙖𝙞𝙠 𝙠𝙚𝙙𝙚𝙥𝙖𝙣𝙣𝙮𝙖.

៸៸﹫𝑆𝑡𝑜𝑟𝑦 𝑏𝑦 𝐴𝑚𝑖𝑛𝑎₊·

About Aminatus Sholikhah

Hi, I'm Aminatus Sholikhah. I'm 17 years old. I learn on 3rd grade from Senior Islamic High School Of MA YASMU. I often fill my spare time with things that I like, one of them is by making up something or a story😄 I hope you enjoy and can appreciate my work. Thank you🌻

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *