KaryaOSISPendidikanSekitar Kita

Hari Batik Nasional Warisan Budaya Indonesia

Hari Batik Nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 2 Oktober. Hari Batik Nasional diperingati setelah batik diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya takbenda yang berasal dari Indonesia.

Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Motif batik adalah corak atau pola yang menjadi kerangka gambar pada batik berupa perpaduan antara garis dan bentuk menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan.
Diharapkan, batik tidak sekedar keunikan motif atau bahan material yang digunakan untuk menunjukkan keistimewaannya akan tetapi batik bisa dilihat mulai dari sejarah dan proses pembuatannya.

Siswa/i MA Yasmu kunjungan ke kampung batik jogja sebelum pandemi.

Tak hanya itu saja, batik juga bisa dilihat dari nilai filosofis yang terkandung di dalam setiap motifnya bahkan hingga karakter pemakainya yang sangat melambangkan nilai-nilai ajaran kehidupan.

Selain sebagai warisan budaya nasional, Batik merupakan bagian yang sangat erat dari abad ke-21 yang menyokong mata pencaharian bagi sebagian besar kelompok masyarakat di Indonesia. Tak hanya itu saja, batik juga terus menginspirasi kreativitas baru dan berbagai inovasi teknologi masa kini. Di beberapa wilayah di Indonesia, pengenalan berbagai jenis motif batik telah meningkatkan peluang ekonomi melalui diversifikasi ragam pola yang ada. Terlebih selama pandemi Covid-19, para pengrajin mengeksplorasi peluang pasar yang baru melalui pembuatan masker batik.
Penggunaan teknis pewarna alami juga menjadi perhatian kajian ilmiah untuk mengeksplorasi sistem produksi yang berkelanjutan dan ramah bagi lingkungan.

Ayo tunjukkan rasa cintamu terhadap warisan kebudayaan Indonesia dengan memakai batik, terutama hari ini.
Selamat Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2021.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button