Assalamu’alaikum wr. Wb.

Tak pernah selesai kita membahas tentang moodle, pada artikel kali ini menyambung artikel sebelumnya yang telah pernah ditulis disini dengan judul:

“Import Soal di Moodle Dengan Examview”

Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara import soal di moodle, tentunya pada kesempatan kali ini kita menggunakan format blackboard. Yang perlu kita siapkan adalah aplikasi examview, aplikasi sudah kita sediakan di artikel sebelumnya, dan file yang telah kita buat sebelumnya yang berformat namafile.bnk.

Pertama kita buka aplikasi examview tes generator, kemudian pilih open an existing question bank tampilan aplikasinya:

Kemudian carilah file yang telah kita buat kemarin dan berekstensi .bnk dan silahkan buka file tersebut, kemudian pilih file > export > Blackboard 7.1. simpanlah file tersebut di ruang penyimpanan dengan nama yang sesuai.

Setelah melakukan export maka akan ada tampilan sebagai berikut, yang perlu diisi hanya dua item selain itu dibuat default saja, kemudian klik ok. dengan rincian:
pool Information > Name : disini silahkan isi nama kursus misal. Latihan akidah
Image Directory > Directory name: untuk mempermudah samakan dengan pool information.

Format blackboard berekstensi .zip, setelah file blacakboard sudah kita buat, selanjutnya kita upload file tersebut di aplikasi LMS Moodle. Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *